Zhang Da : Kehidupannya Menginspirasi Banyak Orang
PENGERTIAN DRAMA DAN TEATER
1. DRAMA
Drama berarti perbuatan, tindakan. Berasal dari bahasa Yunani “draomai” yang berarti berbuat, berlaku, bertindak dan sebagainya. Drama adalah hidup yang dilukiskan dengan gerak. Konflik dari sifat manusia merupakan sumber pokok drama
Dalam bahasa Belanda, drama adalah toneel, yang kemudian oleh PKG Mangkunegara VII dibuat istilah Sandiwara.
Drama (Yunani Kuno δρᾶμα) adalah satu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor. Kosakata ini berasal dari Bahasa Yunani yang berarti “aksi”, “perbuatan”. Drama bisa diwujudkan dengan berbagai media: di atas panggung, film, dan atau televisi. Drama juga terkadang dikombinasikan dengan musik dan tarian, sebagaimana sebuah opera.
2. TEATER
Secara etimologis : Teater adalah gedung pertunjukan atau auditorium. Dalam arti luas, teater ialah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak. Teater bisa juga diartikan sebagai drama, kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media : Percakapan, gerak dan laku didasarkan pada naskah yang tertulis ditunjang oleh dekor, musik, nyanyian, tarian, dsb.
Teater (Bahasa Inggris “theater” atau “theatre”, Bahasa Perancis “théâtre” berasal dari Bahasa Yunani “theatron”, θέατρον, yang berarti “tempat untuk menonton”) adalah cabang dari seni pertunjukan yang berkaitan dengan akting/seni peran di depan penonton dengan menggunakan gabungan dari ucapan, gestur (gerak tubuh), mimik, boneka, musik, tari dan lain-lain. Bernard Beckerman, kepala departemen drama di Univesitas Hofstra, New York, dalam bukunya, Dynamics of Drama, mendefinisikan teater sebagai ” yang terjadi ketika seorang manusia atau lebih, terisolasi dalam suatu waktu/atau ruang, menghadirkan diri mereka pada orang lain.” Teater bisa juga berbentuk: opera, ballet, mime, kabuki, pertunjukan boneka, tari India klasik, Kunqu, mummers play, improvisasi performance serta pantomim.
3. AKTING YANG BAIK
Akting tidak hanya berupa dialog saja, tetapi juga berupa gerak.
Dialog yang baik ialah dialog yang :
1. terdengar (volume baik)
2. jelas (artikulasi baik)
3. dimengerti (lafal benar)
4. menghayati (sesuai dengan tuntutan/jiwa peran yang ditentukan dalam naskah)
5. Gerak yang balk ialah gerak yang :
6. terlihat (blocking baik)
7. jelas (tidak ragu‑ragu, meyakinkan)
8. dimengerti (sesuai dengan hukum gerak dalam kehidupan)
9. menghayati (sesuai dengan tuntutan/jiwa peran yang ditentukan dalam naskah)
Penjelasan :
1. Volume suara yang baik ialah suara yang dapat terdengar sampai jauh.
2. Artikulasi yang baik ialah pengucapan yang jelas. Setiap suku kata terucap dengan jelas dan terang meskipun diucapkan dengan cepat sekali. Jangan terjadi kata‑kata yang diucapkan menjadi tumpang tindih.
3. Lafal yang benar pengucapan kata yang sesuai dengan hukum pengucapan bahasa yang dipakai . Misalnya berani yang berarti “tidak takut” harus diucapkan berani bukan ber‑ani.
4. Menghayati atau menjiwai berarti tekanan atau lagu ucapan harus dapat menimbulkan kesan yang sesuai dengan tuntutan peran dalam naskah.
5. Blocking ialah penempatan pemain di panggung, diusahakan antara pemain yang satu dengan yang lainnya tidak saling menutupi sehingga penonton tidak dapat melihat pemain yang ditutupi.
6. Pemain lebih baik terlihat sebagian besar bagian depan tubuh daripada terlihat sebagian besar belakang tubuh. Hal ini dapat diatur dengan patokan sebagai berikut
a. Kalau berdiri menghadap ke kanan, maka kaki kanan sebaiknya berada didepan.
b. Kalau berdiri menghadap ke kiri, maka kaki kiri sebaiknya berada didepan.
c. Harus diatur pula balance para pemain di panggung. Jangan sampai seluruh pemain mengelompok di satu tempat. Dalam hal mengatur balance, komposisinya:
· Bagian kanan lebih berat daripada kiri
· Bagian depan lebih berat daripada belakang
· Yang tinggi lebih berat daripada yang rendah
· Yang lebar lebih berat daripada yang sempit
· Yang terang lebih berat daripada yang gelap
· Menghadap lebih berat daripada yang membelakangi
Komposisi diatur tidak hanya bertujuan untuk enak dilihat tetapi juga untuk mewarnai sesuai adegan yang berlangsung; Jelas, tidak ragu‑ragu, meyakinkan, mempunyai pengertian bahwa gerak yang dilakukan jangan setengah‑setengah bahkan jangan sampai berlebihan. Kalau ragu‑ragu terkesan kaku sedangkan kalau berlebihan terkesan over acting. Dimengerti, berarti apa yang kita wujudkan dalam bentuk gerak tidak menyimpang dari hukum gerak dalam kehidupan. Misalnya bila mengangkat barang yang berat dengan tangan kanan, maka tubuh kita akan miring ke kiri, dsb. Menghayati berarti gerak‑gerak anggota tubuh maupun gerak wajah harus sesuai tuntutan peran dalam naskah, termasuk pula bentuk dan usia. //Akmal M Roem
Teater Sangkala Membakar Semangat Para Pelajar dan Mahasiswa Lewat Pementasan Teaterikal di Hari Sumpah Pemuda
CIANJUR-Pengurus MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Cianjur, bekerjasama Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) Kabupaten Cianjur, memperingati hari sumpah pemuda ke 84, sekaligus HUT PP ke 53.
HUT yang yang mengangkat tema “Dengan Peringatan Sumpah Pemuda Mari Kita Kobarkan Semangat Pemuda Indonesia yang Kreatif Dalam Hal Positif”. Dan beberapa acara serta tempat dilaksanakan, diantaranya tabur bunga ke makam pahlawan Cikaret, pengobatan gratis, bakti sosial, pagelaran musik kontemporer, dan perkusi.
Selain itu, orasi dan teatrikal yang dipentaskan oleh Komunitas Teater Sangkala dari Cipanas Cianjur. Mengangkat Tema Kebangkitan Pemuda, Teater Sangkala mencoba mengangkat semangat Pemuda Pelajardan Mahasiswa Cianjur yang pada kesempatan itu menghadiri acara tersebut.
Pementasan yang digawangi oleh 5 orang Pemain yakni Ade Lutfi, Aang M. Dalfi, Imam Mukaddis, Ajay Petet dan Ivan Sanjaya serta Sutradara dan Pembaca Puisi Aprilif Firmanto ini diwali dengan Tarian Teaterikal dari beberapa pemain yang mengenakan Almamater Kampus yang memerankan sebagai Mahasiswa dan diikuti oleh Seseorang berpakaian Satgas bersenjata serta seorang penari dengan membawa Patung Bebegig yang digendong serta dimainkan seperti Wayang.
Selanjutnya dengan iringan Musik yang menghentak satu persatu Aktor Pemeran Mahasiswa memainkan Lakonnya dimulai dengan adegan Kelulusan dan menjadi Sarjana, lalu mencari kerja dan mendapatkan pekerjaan yang tak layak mereka kerjakan karena sulitnya mencari pekerjaan sehingga muncullah demonstrasi dan gerakan mahasiswa untuk menumbangkan rezim yang dinilai penuh dengan Gratifikasi dan Korupsi.
Acara yang digelar di parkir utara Hypermart Ciajur, Minggu (28/10). Dihadir, Ketua DPRD Kabupaten Cianjur Gatot Subroto, Ketua Ketua MPP Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Cianjur Endie Cahyadi, Sekretaris PP Ciajur Unang Margana, ratusan ormas PP se-Kabupaten Cianjur, sejumlah ormas lain, Para Pelajar dan Mahasiswa dan tamu undangan.
“Kami ingin bersama-sama mengingat apa yang terjadi ketika dulu Sumpah Pemuda digaungkan. Dulu, pemuda-pemudi bisa berkumpul, membicarakan tentang masa depan negara yang akan menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dulu, tentu sulit sekali dalam hal komunikasi dan transportasi, tetapi mereka bisa menwujudkan apa yang mereka cita-citakan,” tutur Sekretaris MPC PP Cianjur, Unang Margana yang juga Ketua KPUD Cianjur ini. (AF/Youwe 2012)
Teater Sangkala berani mempertanyakan rasa kemanusiaan kita, dengan menggelar Pementasan Drama Berjudul 'ADUH' Karya Putu Wijaya.